Pertanyaan Abadi

Setelah selesai membaca bab "Malaikat dan Manusia" pada salah satu buku, gue langsung punya pertanyaan paling besar yang mungkin gak akan pernah ada jawabannya di kitab manapun;


(-) Proses pemikiran gue yang muncul dari buku dan kitab yang gue baca...

Tuhan menciptakan manusia untuk dijadikan khalifah di bumi ini. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang menjadi sifat dasar manusia, malaikat menanyakan "kenapa" pada Tuhan, karna mengetahui bahwa manusia hanya akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah, sedangkan mereka selalu bertasbih kepada-Nya.

Tapi Tuhan menjawab dgn firman-Nya, "Sesungguhnya, aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (Q.S. 2:30)


(-)...yang kemudian lahir menjadi sebuah pertanyaan besar

Lalu kira-kira, apa hikmah sesungguhnya dibalik dipilihnya manusia menjadi khalifah di bumi ini jika disandingkan dengan malaikat yang jelas-jelas memiliki watak asli sebagai hamba yang taat?

Hanya Tuhan yang tau, yang mana gue ingin sekali tau jawabannya. Tapi yang jelas gue jadi punya satu penasaran lagi yang mungkin bakal jadi list baru buku gue, how to be a good khalifah in dunya :)

------------- edited.

Dan ternyata gue terlalu tergesa-gesa dalam segala sesuatu. Setelah membaca bukunya sampai di bab VI "Hikmah Penciptaan Setan" walaupun tidak menjawab secara langsung pertanyaan gue diatas seenggaknya gue bisa mengambil sedikit pesan tersirat dari sudut pandang yang dibalik.

Dunia ini memang hanya sementara, ya?

Komentar

  1. Yaelah guemah apa.. ngepost kaya gini kayak orang udah bener aja

    BalasHapus
  2. 'How to be a good khalifah in dunya?'

    Belajar seumur hidup =)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

🖤

Akhir Menuju Awal

Walk Away