Postingan

Cara Kehidupan Mengangkat Derajat Seseorang (??)

Sekeras atau selembut apa pun dunia kepada kita, ternyata kita emang gak punya siapa pun selain diri kita sendiri.

Jangan seneng dulu, semua hal gak selalu tentang kamu. Apa pun yang membentur kita akan membentuk diri kita. Maka capailah bentuk terbaik dengan menghargai setiap prosesnya bukan terpaku pada hasil. Gampang emang kalo ngomong doang, pun susah kalo dilakuin. Tapi ujian kedewasaan diri tidak pernah mudah. What doesn't kill you makes you stronger.

Terima kasih dessy sudah menjalani hidup sampai hari ini. Setelah melewati hari kemarin, kedepannya pasti lebih mudah. Semoga..

Pertanyaan Abadi

Setelah selesai membaca bab "Malaikat dan Manusia" pada salah satu buku, gue langsung punya pertanyaan paling besar yang mungkin gak akan pernah ada jawabannya di kitab manapun;


(-) Proses pemikiran gue yang muncul dari buku dan kitab yang gue baca...

Tuhan menciptakan manusia untuk dijadikan khalifah di bumi ini. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang menjadi sifat dasar manusia, malaikat menanyakan "kenapa" pada Tuhan, karna mengetahui bahwa manusia hanya akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah, sedangkan mereka selalu bertasbih kepada-Nya.

Tapi Tuhan menjawab dgn firman-Nya, "Sesungguhnya, aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (Q.S. 2:30)


(-)...yang kemudian lahir menjadi sebuah pertanyaan besar

Lalu kira-kira, apa hikmah sesungguhnya dibalik dipilihnya manusia menjadi khalifah di bumi ini jika disandingkan dengan malaikat yang jelas-jelas memiliki watak asli sebagai hamba yang taat?

Hanya Tuhan yang tau, yang mana gue ingin sekali tau ja…

Menyikapi Keputusan Orang Lain

Everyone you meet is fighting a battle you know nothing about. Be kind. Always.

Seperempat abad.

Tiba-tiba kepikiran hal yang sebenernya udah gue tau dari lama cuma gak pernah nyempetin untuk ngerenungin sih. Biasa, denial aja karna ngerasa belom perlu. Tapi sekarang hati udah mulai legowo kok untuk mikirnya.

Kalo ditanya pengen apa enggak punya anak? Jawaban gue pasti pengen. Pengen banget. Tapi kalo ditanya siap apa enggaknya, pasti jawabannya belum. Iya, belum siap :')

Mungkin gak sih, sebenarnya yang menjadikan ibu bapak kita orang tua itu adalah diri kita sendiri sebagai anak? Maksudnya, gak ada ilmu pasti tentang bagaimana menjadi orang tua yang paling benar. Tolong dicatat, paling benar loh ya, bukan paling baik. Karna menjadi baik itu mutlak diperlukan sifatnya. Apalagi untuk menjalani hidup sebagai khalifah di bumi ini. Ciah.

Tiap orang punya gaya-nya masing-masing saat menghadapi anaknya, dan disitu lah proses pembelajaran itu terjadi. Makanya gak ada konsep 'benar&#…

Walk Away

L E L A H

Satu kata yang paling tepat untuk menggambarkan apa yang mau gue tulis di postingan kali ini secara menyeluruh.

Satu kata yang timbul akibat ketimpangan dalam sebuah hubungan.

Dan satu kata yang didalamnya mengandung perjalanan konstan menuju titik jenuh.

Ini bukan perkara egois, disloyal, atau rasa benci. Gue mengambil keputusan untuk cut out a toxic person in my life lebih karna gue ingin menghargai dan mencintai diri gue sendiri. Jadi, tulisan ini bukan diperuntukan untuk siapa-siapa, melainkan untuk gue bersama akumulasi rasa yang gue pikul dari dulu.

Kaget. Itu respon yang pertama kali muncul.

Selama ini, gue punya prinsip; perlakuan apapun yang gue berikan ke orang lain semata-mata tulus karna orang tersebut pantas mendapatkannya. Di waktu itu (present).

Bukan karna gue orang baik, bukan. Banyak faktor, salah satunya karna tabungan kebaikan dari orang tersebut juga. Semakin berjalannya sebuah hubungan, semakin bertambah juga cerita yang akan gue habiskan bersama masing…

🖤

"Satu-satunya hal yang bisa memperlambat waktu adalah rindu"

02.34 Waktu Indonesia bagian Barat
Telfon baru aja ditutup. Kalo ditempat lo berarti lebih cepet satu jam. Iya, udah terlambat banget tidurnya. Apalagi besok lo masih harus aktivitas pagi. Lain sama gue yang masih libur, masih gak ada masalah kalo pun harus begadang. Dilema sih, karna gue lumayan gak suka sama konsep begadang yang dirutinin jadi kebiasaan. Ya, sesekali okelah kalo lagi dateng hawa gak bisa tidurnya, tapi kalo hampir tiap hari??? Gak sehat. Gak baik. Tapi gimana? Sekarang gue malah butuh. Malah maunya malem tuh lebih panjang dari ini. Supaya cukup waktunya untuk ngobrol dan tidur pastinya. Ehe egois. Ya, manusia kan gitu ya, kebanyakan mau yang enggak enggak. Tapi yang kali ini emang harus milih sih, mau ngorbanin waktu tidur atau..... perasaan kangen.

Gue baru tau kalo perpaduan antara kangen, jarak, sama waktu bisa menghasilkan keadaan yang nyiksa. Tiga keadaan diatas itu jahat banget kalo datengny…

Muhammad Apip

Gambar
"Memories warm you up from the inside. But they also tear you apart" -Haruki Murakami

Last night I had a dream about you, so I made this appreciation post for remembering your kindness as a beautiful soul. I still remember how we met again after a loooong time at the college near DPR (dibawah pohon rindang), and you were there shouted my name "Desss! Kuliah disini juga??" / "Lah apip.." begitu kira-kira kalo gak salah inget. Elo dan rambut keribo lo.

Seneng lah gue ketemu temen sd dikampus baru. Udah lama gak ngeliat sekalinya ketemu ternyata sekampus, sefakultas pula. Bedanya dia udah satu tingkat di atas gue krn guekan kuliahnya telat setahun.

Biasalah baru ketemu tukeran nomer (lagi) setelah sekian lama buat sms-an. Waktu itu jamannya masih peralihan blackberry ke android, dan androidnya masih gingerbread pula kalo gak salah loh kok ngelantur. Intinya lo baik lah gak lupa sama temen lama. Gue dianterin cari serba-serbi ospek yang aneh-aneh, tau pasar s…

Tacenda

Gambar
Ada hari dimana sebuah perihal
dapat menjadi alasan kuat untuk bersedih
Rasanya ingin sekali berbagi kegusaran ini hanya untuk mengurangi derai bilur Tapi siapa? Mulai dari mana?
Seandainya bisa kuceritakan Percayalah, aku ingin Tetapi tidak bisa
Hingga akhirnya kawan lama datang memelukku pada angin pada sinar pada harum tanah pada keadaan
Aku suka mereka Tanpa perlu arahan Mereka tahu cara bekerjanya Mereka memahamiku walau terasa semu
D.T. 2018


"Things better left unsaid.." is it true?